Makalah Perangkat Lunak dan Perangkat Keras

PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelasaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan lunak sedikit buram. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
  1. 1. Input divice (unit masukan) : Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua  yaitu : Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
  2. Process device (unit Pemrosesan) : Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit.
1. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut  dengan main memory. Merupakan pusat sumber daya sebuah system computer yang secara dinamis yang harus di alokasikan kepada pemakai, program dan proses.
2. Arithmatic logic unit terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical operation).
3. Control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan

3. Output device (unit keluaran)
Unit keluaran adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Dalam teori kontrol, output dari suatu sistem adalah apa yang dapat diukur. Spesifik, output dibedakan dari negara. Berapa alatunit keluaran, di antaranya adalah : monitor, printer, speaker, plotter.

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam kompouter, penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), Optical disk CD/DVD ROM, Magneto-optical, Memory.

5. Periferal ( unit tambahan)
Peripheral adalah Perangkat input/output yang merupakan bagian dan pendukung sistem. seperti printer, mouse , keyboard , joystick , scaner , microphone , cd-rom,  modem, scanner atau termasuk juga kamera digital. Disebut peripheral karena sifatnya sama dengan istilah peripheral dalam kedokteran yang mengacu kepada bagian tubuh luar, seperti tangan dan kaki.

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program atau disebut juga dengan programmer untuk  menjalankan perangkat keras computer (hardware). Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna (brainware) dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
1. Mengidentifikasi program
2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

Jenis – jenis perangkat lunak ialah sebagai berikut :
1. Perangkat lunak system
Perangkat lunak system yang bertanggung jawab untuk mengelola berbagai komponen perangkat keras independen, sehingga mereka dapat bekerja bersama secara harmonis.
1. Device driver
Adalah program komputer yang memungkinkan tingkat yang lebih tinggi program komputer untuk berinteraksi dengan perangkat keras. Tujuannya ialah menyederhanakan pemograman dengan bertindak sebagai penerjemah antara perangkat keras dan aplikasi atau system operasi yang menggunakannya.
2. System operasi
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
• Menyimpan program dan aksesnya
• Membagi tugas di dalam CPU
• Mengalokasikan tugas-tugas penting
• Merekam sumber-sumber data
• Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
• Memeriksa kesalahan system
• Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
• Memelihara keamanan sistem,   khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
3. Server
Server adalah program yang beroperasi sebagai soket pendengar. Banyak server telah menyediakan fungsionalitas seperti server web, server cetak, dan server data base, server enterprise server yang disunakan dalam konteks bisnis.
4. Utilitas
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
• Norton Utility
• Winzip
• Norton
•  GhostAntivirus
5. Jendela system
komponen dari antarmuka pengguna grafis (GUI), dan lebih khusus dari lingkungan desktop , yang mendukung pelaksanaan window manager , dan memberikan dukungan dasar untuk hardware grafis, menunjuk perangkat seperti tikus, dan keyboard.
2. Pemograman perangkat lunak
Perangkat lunak pemrograman biasanya menyediakan alat untuk membantu programmer dalam menulis program komputer , dan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda dalam cara yang lebih baik. Alat meliputi :
• Compiler
• Debugger
• Interpreter
• Linker
• Teks editor
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
• Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
• Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
• Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi   pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

3. Aplikasi perangkat lunak
Aplikasi perangkat lunak adalah  perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi dengan menggunakan aplikasi Microsoft office, design grafis dengan photoshop ataupun corel draw, membuat animasi dengan adobe flash dan lain-lain.

 ----- Kesimpulan -------
I. Perangkat keras (hardware)
Perangkat keras (hardware) ialah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelasaikan tugasnya. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Input device : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
2. Process device : CPU.
3. Output device : monitor, printer, speaker, plotter.
4. Backing storage : disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), Optical disk CD/DVD ROM, Magneto-optical, Memory.
5. Peripheral : printer, mouse , keyboard , joystick , scaner , microphone , cd-rom,  modem, scanner, kamera digital.

II. Perangkat lunak (software)
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program atau disebut juga dengan programmer untuk  menjalankan perangkat keras computer (hardware). Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Jenis – jenis perangkat lunak ialah :
1. Perangkat lunak system : Device driver, System operasi, Server, Utilitas, dan Jendela system.
2. Pemograman perangkat lunak alat meliputi : Compiler, Debugger, Interpreter, Linker, Teks editor.
3. Aplikasi perangkat lunak : Microsoft office, adobe photoshop, adobe flash, corel draw, macromedia dreamever, Microsoft visual dan lain – lain.
Lebih baru Lebih lama